FOLLOW ME ON TWITTER: @nemodimz

Selasa, 22 Juni 2010

When First Time I Teach

Kemaren-kemaren, tiba-tiba aja handphone gue bunyi yang menandakan ada sms dari temen gue si Ayu

From: Ayu

Message:
Dim, kamu bisa ngga ngegantiin aku ngajar vokal sama keyboard di Elfa? Sehari aja, aku lagi sakit

Hal ini pasti bikin jantung gue menari-nari dan pengen kabur ngelelepin diri ke dalem sumur. Emang sih tampang gue mirip sama keyboardis band yang vokalisya cewek itu (pede abis), tapi yaaa ... NGGA SEGITUNYA JUGA KALIII

Gue bilang ke Ayu lewat sms

Gue: Yuu.. Ngga salah? Kenapa aku yang disuruh ngajar?
Ayu: Iyaaa... Aku lagi sakit dim, sehari doang. Kamu bisa maen keyboard kan?
Gue: Bisa sih bisa, tapiii NGGAAAA GITUUU JUGAAAA KAAALIIII !!!!
Ayu: Gampang ko paling juga yang diajarnya anak kecil, bawain bintang kecil (padahal kenyataannya boong abis)

Karena dikasih tau begitu, agak meyakinkan gue untuk bisa ngajar. Ini merupakan tantangan buat gue. Gue pernah baca buku "The Power Of Kepepet" karangan Jaya Setiabudi yang bilang bahwa "Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia karena mengalami titik balik karir bisnisnya saat menjual DOS (Disc Operation Sistem)kepada IBM. Padahal pas Bill bareng sama dua temennya nawarin program DOS ke IBM, mereka belum punya program itu. Dan lebih gila lagi Bill berkata spontan tanpa diketahui terlebih dahulu oleh dua rekannya. Tanpa menyerah, Bill yang belum memiliki apa-apa itu memberikan apa yang IBM inginkan dan alhasil program DOS itu dibeli dengan harga US$ 50.000 yang menghasilkan jutaan dollar dengan menjual kembali"

Hal ini meinspirasi gue buat mencoba segala sesuatu tantangan.

Back to topic..
Dalem kondisi kepepet itu, gue langsung nyusun materi apa aja yang bakalan gue ajarin. Gue udah ngebayangin murid-murid gue pasti lebih jago daripada gue. Tapi ngga pernah gue hiraukan itu semua. Gue tetep latihan mater-materi yang bakal gue ajarin.

Keesokan harinya sebelum ngajar, gue nyempetin diri dulu buat ujian Teori Komunikasi di kampus. Setengah jam lagi gue harus ngajar murid yang pertama namanya Agung buat latihan vokal. Setelah buru-buru ngerjain soal ujian, gue langsung pergi ke Elfa. Di jalan gue udah ngebayangin sang murid yang namanya Agung itu pasti marah-marah karena gue telat! Terus pihak dari Elfa-nya juga marah! Ayu juga marah! Tukang baso juga marah! (kenapa harus tukang baso coba?) Lalu Ayu juga dipecat, Agung merasa dirugikan langsung ngelaporin gue ke polisi. Lalu gue dipenjara selama 15 tahun. Keluarga gue jatuh miskin! Gue stres, lalu dihukum mati!!! AAAARRRRGGGHHH !!!!!

Tau-taunya pas gue nyampe, ternyata si Agung belum dateng. Dalem hati gue berkata "Heh gila lo, gue tuh lagi UAS tau ngga !!! Udah buru-buru! Gue doain pas lo nyanyi ntar suara lo kaya suara burung pipit keselek semangka !!".

Sekitar 15 menitan gue nunggu, akhirnya Agung pun dateng. Waktu ngajar gue tinggal 10 menit lagi, soalnya harus ngajar murid selanjutnya. Masih ada 3 orang murid lagi yang ingin diajar vokal, dan 2 orang lagi adalah murid les keyboard.

Murid les vokal gue ada berbagai macam. Kaya Agung yang seumuran sama gue, Cinta yang baru lulus SMA, Kayla anak kecil yang masih 3 tahun dan Ayatur yang baru 5 tahun. Semua murid gue ajarin materi-materi vokal kaya Humming, Intonasi, Hearing, sama Reading. Dan alhamdulilah berjalan lancar.

Gue seneng banget ngajar Ayatur, soalnya dia pinter cepet ngerti. Gue juga sempet nyanyi-nyanyi bareng Ayatur kaya lagu Bintang Kecil, Balonku, dan Andaikan Aku Punya Sayap. Gue juga bikin kenang-kenangan kecil di buku tulis yang dia bawa yaitu lirik lagu Balonku sama Bintang kecil plus gambar-gambar lucu.

Selain Ayatur, ada anak kecil lagi yang gue ajar namanya Kayla. Dia les nyanyi didampingi ibunya yang bikin gue canggung buat gila-gilaan bareng Kayla. Pas gue suruh nyanyi, dia malah diem. Gue udah nyoba buat ngedeketin dia, tetep aja diem. Gue ngejauh, diem. Gue nyabutin bulu ketek ibunya, tetep aja diem. Mungkin dia takut sama tampang gue yang mirip zombie ngejeblos ke solokan ini.

Jam ngajar Kayla pun berakhir. Sang ibu bilang ke Kayla

Ibu Kayla:
Kayla, hayu kita pulang yuk !!
Kayla: HAAAAYYYUUUUU !!!!!!!!!!! (dengan lantang)
Gue: ???????

Penderitaan gue di ngajar mengajar vokal pun beres, tinggal ngajar keyboard. Ada 2 orang murid lagi yang pengen diajar keyboard namanya Sasha dan Cintya. Di sana mereka Fingering, Arrpegio, Hearing, sama Reading. Gue tersentuh banget sama semangat Sasha yang konon katanya lagi berhenti sekolah. Mungkin dia udah punya planing buat ngebiayain keluarganya lewat musik setelah lulus dari Elfa.

Jam menunjukan pukul 18.45. Akhirnya kegiatan ngajar mengajar gue hari itu berakhir sudah. Gue diem sejenak senyum-senyum sendiri sambil menghirup nafas dan menghembuskan nafas pelan-pelan. Ternyata menjadi pengajar itu tidak mudah akan tetapi menyenangkan juga buat gue. Selain kita bisa melatih orang lain, kita juga ikut terlatih untuk bagaimana menghadapi orang lain berbagai umur, bagaimana kita membuat murid tetap betah untuk les tanpa ada unsur paksaan, bagaimana membuat suasana menjadi menyenangkan, dan yang paling berkesan adalah bagaimana membuat anak kecil bisa belajar sambil bermain bareng gue.

Sebenarnya semua ini adalah NGGA GUE BANGET, dan setelah dicoba alhamdulilah"GUE BISA NGEHADEPIN ITU SEMUA".

Gue jadi punya kesimpulan sendiri "Jangan pernah takut buat ngehadepin semua tantangan karena semua ituudah yang ngatur. Teruslah melatih diri dan belajarlah dari pengalaman".

Thank You my first student: Agung, Cinta, Ayatur, Kayla, Sasha, dan Cintya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar