FOLLOW ME ON TWITTER: @nemodimz

Minggu, 07 Maret 2010

Bokap

Gw termasuk anak yang cenderung lebih deket sama bokap. Ngga tau knapa? Mungkin karena sifat bokap yang lebih asik, jarang banget marah, dan lebih sabar. Tapi sayangnya dia punya penyakit yang dideritanya sejak kecil yaitu “asma”.


3 hari yang lalu asmanya kambuh lagi tapi ngga terlalu parah amat. Cuma harus banyak istirahat. Gw ngerasa kasian sama dia. Akhirnya gw nyuapin makanan, minuman, dan obat ke bokap. Gw ngga tega ngedenger bunyi nafasnya yang seolah-olah memberi gw sugesti untuk sama-sama memberhentikan nafas gw.

Tiba-tiba gw dikejutkan oleh bokap ketika gw kebangun pas lagi tidur sekitar jam 4 dini hari. Gw ngeliat bokap gw ngga tidur. Dia nyadarin kepalanya ketembok sambil memegang jidatnya. Gw piker ini ngga akan bener, bokap gw harus dibawa ke rumah sakit. Pada akhirnya gw dan kakak gw ganti baju dan ngasih pinjem jaket yang amat tebel. Dan lalu kita bertiga pergi ke rumah sakit hasan sadikin.

Sekitar setengah jam-an perjalanan menuju ke Rumah Sakit Hasan Sadikin. Bokap gw dibawa ke UGD. Bokap gw yang lagi sakit parah itu dengan kuat jalan sendiri ke UGD tanpa minta bantuan, dan gw Cuma nemenin doank. Di sana dokter mulai meriksa bokap gw, dan memberi tabung oksigen. Gw Cuma bisa ngeliat sambil cemas.

Beberapa menit kemudian suasana UGD pun dikejutkan oleh 1 orang pasien lagi yang datang. Pasien itu sudah tua, lebih jelas lagi dia adalah seorang nenek-nenek. Gw ngga tau persis dia punya penyakit apa. Yang jelas dia kesakitan di bagian perutnya, ntah kenapa. Tiba-tiba rasa cemas gw pun berpaling kepada nenek-nenek itu. Sementara itu bokap gw pun lagi kesusahan mencari nafas.

Setengah jam pun berlalu. Nenek-nenek itu pun pergi dibawa ke sebuah ruangan oleh dokter.

Sementara itu gw menuju ke tempat pembayaran dan apotek. Setelah gw melakukan pembayaran dan mengambil obat, gw pun menuju ke UGD lagi. Gw duduk deket dokter. Dokter itu lagi ngobrol sama dokter yang lainnya. Ngga sengaja gw nguping pembicaraan mereka. Ternyata mereka lagi ngomongin nenek-nenek yang barusan. Gw denger nenek itu mengalami sakit ketika orang-orang di rumah lagi pada tidur. Mirip banget kaya bokap gw yang lagi kambuh ketika gw lagi tidur.

Setelah gw lebih menyimak ternyata,

Nenek itu meninggal…

Jadi tadi itu adalah detik-detik terakhir dia hidup di dunia ini. Emang hidup ngga ada yang tau sampai kapan. Gw jadi semakin cemas sama bokap gw. Gw Cuma bisa liat dia lagi ngambil nafas dari tabung oksigen.

Mungkin Cuma inilah yang bisa gw Bantu, yaitu nganterin dan nemenin bokap gw yang lagi sakit. Ngga sebanding sama apa yang telah bokap gw lakuin untuk gw.
Gw jadi inget ketika gw kecil, pas gw sakit bokap gw yang selalu inisiatif bawa ke dokter. Dia selalu ada disamping gw. Bokap gw yang selalu nolongin gw pas gw jatoh dari sepeda. Bokap gw yang selalu pura-pura mukul kakak-kakak gw pas merkea ngegangguin gw. Bokap gw yang pernah minta maaf sama gw ketika dia bilang bakaln kerja di Jakarta dan pulang 2 minggu sekali.

Dan bokap gw lah yang pernah bikin gw nangis karena pelukannya, ketika dia hendak pergi melaksanakan ibadah haji. Dia meluk dan elus-elus kepala gw, sambil berkata “kamu baik-baik yaa dim”. Gw Cuma khawatir aja sama bokap gw, yaitu “gw takut kehilangan dia untuk selamanya”. Bokap gw seakan-akan menyembunyikan tangisannya, yang sebenarnya dia meneruskan tangisannya ketika dia pergi. Hal itu mengingatkan gw ketika gw kecil. Gw pernah nangis, dan bokap gw mencoba menghibur dengan meluk dan ngelus kepala gw.

Semua lamunan gw itu tiba-tiba aja buyar sama suara aneh yang tiba-tiba muncul. Gw terus mikirin “suara apa itu?”. Dan setelah gw liat ke belakang, ehhh… bokap gw lagi ngorok. Tidurnya pules banget, haha.. orang sakit bisa ngorok juga ternyata. Itu menunjukan bahwa bokap gw udah lumayan sembuh.

Gw Cuma bisa tersenyum ngeliat bokap gw. Bokap gw kuat banget. Gw jadi pengen ngegantiin posisinya dan biarin bokap gw istirahat di rumah. Gw jadi pengen cepet-cepet lulus. Gw pengen langsung kerja dan ngegantiin posisi bokap gw yang pas banget 3 tahun lagi bakalan pension.

Semangat Pa !! Semoga lekas sembuh

Di mobil, perjalanan menuju pulang ke rumah. Bokap gw ngomong:

Papah: Dim?
Gw: Yaaa..
Papah: Jaket kamu yang tebel tadi mana? Ketinggalan ya di Rumah Sakit?
Gw: APAAAAAAAAAAHHHH !!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar