FOLLOW ME ON TWITTER: @nemodimz

Selasa, 21 September 2010

Perbedaan Bahasa Alay Dengan Bahasa Singkat


H4y 5muuanyaahh… apAch kaBaR?

Yak, kalimat diatas adalah salah satu contoh kalimat yang banyak orang bilang dengan sebutan “ALAY”. Apa sih yang dimaksud dengan alay? Alay tuh singkatan dari “Anak Layangan” yang bisa diartiin yaitu “kampungan” seperti anak-anak yang masih suka main layangan dikala orang-orang udah memainkan segala sesuatu dari kecanggihan teknologi.

Salah satu contohnya adalah dari segi bahasa dalam bentuk tulisan. Biasanya anak alay ini kalo nulis SMS, status, user name, dll pasti ribet untuk dibaca.
Ciri-cirinya yaitu:

1. Selalu disingkat
2. Tapi juga dilebih-lebihkan dengan tambahan huruf atau angka lain
3. Hurufnya besar kecil


Akan tetapi banyak orang yang salah paham tentang hal ini. Banyak orang yang mengira bahwa semua tulisan yang disingkat-singkat adalah bahasa alay, padahal sih ngga juga. Menurut gue yang ngebedain antara bahasa singkat dan bahasa alay adalah tidak menambah-nambahkan huruf aneh, akan tetapi bisa mengurang-ngurangi huruf. Tujuannya adalah biar ngga cape ngetik, ngga terlalu panjang buat dibaca biar ngga jenuh, dan ngirit space yang ada.

Misalkan kalimat normalnya seperti ini: “Hay, lagi apa kamu? Udah makan?”
Bahasa singkatnya bakal seperti ini: “Hy, lg ap km? udh mkn?
Sedangkan bahasa alaynya bakal seperti ini: “Huuyy, 9ie nGapz n1Ych?? D4h Mumz lumb?”

Sebenernya ini semua tergantung selera masing-masing. Hal ini tidak merugikan orang lain dan diri sendiri ko. Kalo kalian ngerasa nyaman dengan hal ini "no problem". Toh orang yang ngomong kita “alay” belum tentu lebih baik dari kita, betul ngga? Tergantung penilaian masing-masing sih. Akan tetapi kita juga belum tentu lebih baik dari dia. Mungkin gue juga bisa dibilang alay menurut beberapa orang yang ngga gue ketahui. Makanya mending cari aman aja deh, hehe.. Jadi jangan cepet sakit hati yaaa…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar